Wednesday, April 8, 2009

Sensor Kamera CMOS 50 Megapiksel


Kunci dari kemampuan tinggi sebuah sensor foto adalah kemampuan menagkap gambar meskipun dalam kondisi kurang cahaya dan tetap menghasilkan gambar yang jelas. Ini semua bekaitan dengan dengan intensitas sebuah sensor kamera tersebut, Canon tengah mengerjakan teknologi ‘micropatterning’ untuk dapat membuat lensa mikro yang mampu meningkatkan kemampuan piksel sebuah kamera hingga berukuran hanya beberapa micrometer. Canon juga tengah mengembangkan filter warna yang cocok buat reproduksi warna guna meningkatkan kinerja warna photosensor yang digunakan.
Seperti diketahui, hampir kebanyakan kamera digital juga kamera pada ponsel menggunkan sensor CCD dan CMOS. Meskipun sensor CCD mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi, namun ternyata lambat dalam hal kecepatan membaca data. Sensor CMOS meskipun bekerja cepat tetapi mudah mengalami gangguan sehingga kualitasnya masih dibawah sensor CCD.
Karena itu untuk mewujudkan sensor CMOS dengan densitas tinggi , Canon telah mengembangkan sensor CMOS 50-megapiksel APS-H yang dua kali lebih tinggi dari resolusi yang digunakan oleh kamera reflex yang menggunakn lensa tunggal digital dengan kemampuan 10m megapiksel.
Meskipun ketika digunakn untu pengambilan gambar disudut lebar, sensor CMOS baru ini pada pengujian mampu mengidentifikasi plat nomor kendaraan yang jauhnya 300 meter dari kamera. Sensor CMOS high-density ini menawarkan banyak penerapan , termasuk didalamnya sistem suku cadang pabrikan, dan penempatannya dibanyak jenis kamera termasuk pada ponsel nantinya.

No comments: