Saturday, April 18, 2009

Cara Mudah Menghemat Baterai iPhone 3G


Bagi sebagian orang baterai yang dimiliki iPhone 3G tidak bisa dikatakan mencukupi untuk sebuah perangkat multimedia dan interface nomer wahid. Meskipun pihak Apple mengklaim bahwa kapasitas yang digunakan lebih baik ketimbang pendahulunya. Dalam penggunaan normal ponsel ini hanya bisa bertahan 1,5 hari saja dalam sekali charging, tentunya sangat menjengkelkan bagi mereka yang selalu mobile.
Namun itu terjadi bukan karena sebab. Karena di produk ini banyak terdapat fitur multimedia yang tentunya menguras baterai dengan cepat diantaranya kemampuan jaringan 3G dan HSDPA, layar lebar dengan tingkat kecerahan tinggi, dan tidak ketinggalan GPS tracker yang kerap aktif di perangkat iPhone. Dilain pihak, kahadiran fitur-fitur multimedia tersebut yang justru menjadi kelebihan iPhone 3G, terasa sayang jika fitur-fitur multimedia tersebut tidak ada.
Namun banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penghematan. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan.
1. Matikan Wi-Fi dan jaringan 3G jika tidak digunakan.
2. Kurangi tingkat kecerahan layar.
3. Atur autolock untuk mengunci layar dalam waktu minimum.
4. Matikan getaran di tiap game yang sedang dimainkan.
5. Pilih download dan beli aplikasi lewat iTunes yang ada di komputer.
6. Matikan push data, lalu lakukan pull dalam satuan waktu terlam.
7. Charge iPhone setiap ada kesempatan.
Solusi diatas merupakan beberapa upaya memaksimalkan daya beterai iPhone 3G. Seperti yang sama-sama kita ketahui, mengganti baterai iPhone 3G tidak semudah mengganti baterai ponsel kebanyakan. Cara berhemat seperti diatas mungkin tidak kita pikirkan sebelumnya dan kita anggap remeh, padahal cara itu efektif dan tentunya juga mudah untuk dilakukan. Semoga tips singkat dari saya dapat bermanfaat dan membantu anda.

No comments: