Friday, May 13, 2011

Samsung Mengalahkan Nokia Sebagai Vendor dengan Penjualan Ponsel Terbanyak di Eropa

Samsung tampaknya semakin dekat saja dengan target  untuk menjadi vendor ponsel terbesar di dunia tahun 2014 mendatang. Berdasarkan data yang dirilis International Data Corporation (IDC), tercatat bahwa pada kuartal pertama tahun ini Samsung untuk pertama kalinya berhasil mengalahkan Nokia sebagai vendor dengan penjualan ponsel terbanyak di Eropa.



Dalam laporan tersebut Samsung berhasil menjual 13.2 juta unit ponsel dengan pangsa pasar sekitar 29.3%, sementara Nokia hanya mampu menjual 12.6 juta unit dengan pangsa pasar 27.9%.
Dengan begitu kokohnya penjualan ponsel Samsung di Eropa, kini benteng utama ponsel Nokia berada di wilayah Asia dan Afrika. Demikian seperti dikutip PULSAonline via phonearena.
Namun, posisi tersebut bisa saja mengalami pergeseran, mengingat vendor ponsel asal Finlandia ini tengah dalam masa transisi dari Symbian ke Windows Phone. Sementara Samsung, akhir-akhir ini terlihat begitu gencar meramaikan pasar ponsel, mulai dari segmen bawah hingga menyasar ke segmen atas.
Terlebih jika kita melihat potensi yang sangat besar dengan pertumbuhan ponsel Android murah di pasar negara-negara berkembang. Di mana Samsung juga tercatat sebagai pemain yang cukup dominan di segmen ini.
Sekadar informasi tambahan, pada segmen smartphone Nokia juga dikangkangi oleh pesaing lainnya, yakni Apple. Tercatat pada kuartal pertama tahun ini, Apple berhasil mengapalkan sebanyak 4.4 juta unit smartphone dengan pangsa pasar sekitar 20.8%. Adapun Nokia di kuartal yang sama hanya mengapalkan sekitar 4.2 juta unit dengan pangsa pasar 19.6%.

No comments: